Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Pustaka » Tips Sukses Samsung

Tips Sukses Samsung

  • account_circle admin
  • calendar_month Sab, 19 Mar 2022
  • visibility 30
  • comment 0 komentar

 

Perusahaan Samsung didirikan oleh Lee Byung-Chul pada 1948. Pada masa awal pendiriannya, Samsung hanyalah perusahaan kelas teri dan produk-produknya kurang laku di pasaran. Bahkan, Samsung pernah terancam bangkrut karena manajemen yang buruk. Kejayaan Samsung menjadi perusahaan global terkemuka baru tercapai pada masa kepemimpinan Lee Kun Hee, putra dari Lee Byung-Chul.

Sebagai anak bungsu di keluarganya, peluang Lee Kun He memimpin Samsung Group sangat kecil. Namun ayahnya, Lee Byung-chul menyadari bakat besar Lee Kun Hee untuk melanjutkan kepemimpinannya. Ternyata, Lee Kun Hee mampu memimpin Samsung Group menjadi salah satu perusahaan terbaik di dunia. Buku ini mencoba menguak rahasia sukses Samsung di bawah pimpinan Lee Kun Hee.

            Setelah dilantik menjadi presiden direktur Samsung pada tahun 1987, Lee Kun Hee menegaskan bahwa fokus dan sikap yang baik harus dipertahankan di setiap tatanan manajemen perusahaan. Dalam rapat direksi, Lee Kun Hee mengajak para bawahannya untuk bersama-sama membangun Samsung baru yang berdaya saing tinggi (hal. 31).

Dalam buku ini, Kim Byung-Wan memaparkan dua puluh tujuh prinsip yang diterapkan oleh Lee Kun Hee dalam memimpin Samsung.        Prinsip-prinsip yang diterapkan oleh Lee Kun Hee diuraikan dalam sembilan bab dan masing-masing bab berisi tiga prinsip. Prinsip-prinsip yang diterapkan oleh Lee Kun Hee berkaitan dengan kehidupannya sehari-hari sejak muda. Misal, Lee Kun Hee sangat menyukai anjing, menonton film, berolahraga, dan membaca buku. Semua hobi itu sudah dilakukan Lee Kun Hee sejak kecil dan ternyata berdampak sangat positif ketika menjadi pemimpin perusahaan.

Penyuka anjing biasanya sekadarnya saja memelihara anjing, tetapi Lee Kun Hee tidak menganggap anjing sebagai hewan peliharaannya semata. Dia benar-benar bersahabat dengan anjing dan belajar banyak hal dari kehidupan anjing. Seperti anjing Jindo yang memiliki insting pemburu dan penciuman yang tajam, Lee Kun Hee secara aktif berburu data hidup dan mampu mengendus di mana ia bisa mendapatkannya.

Bagi sebagian orang sering menonton film akan membosankan. Akan tetapi, bagi Lee Kun Hee, film bukan sekadar tampilan adegan tanpa makna (h. 40). Lee Kun Hee telah menonton ribuan film sejak masih kecil. Dia tidak sekadar menonton film seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang, yakni hanya melihat akting dari pemeran utamanya. Lee Kun Hee mendalami setiap karakter tokoh film tersebut.  Dia juga melihat sebuah film dari sisi juru kamera dan sutradara. Dengan menonton film dari berbagai sudut pandang membuat imajinasi dan kreativitas Lee Kun Hee berkembang pesat.

Lee Kun Hee memiliki berbagai hobi dalam cabang berolahraga seperti; gulat, berkuda, golf, tenis meja, ski, dan rugbi. Lee Kun Hee menerapkan apa yang dipelajarinya dari golf ke dalam sistem manajemen barunya sejak 1993. Para pemain golf akan terus mengulang kembali apa yang telah mereka pelajari. Mereka melakukan hal itu sampai bisa menguasai semua teknik hingga kemampuan mereka meningkat. Lee Kun Hee menjalankan bisnisnya dengan prinsip yang serupa (h. 108).

Lee Kun Hee juga sangat gemar membaca. Lee Kun Hee mendapatkan banyak pemikiran yang berbeda dan luar biasa hanya dari membaca buku (h. 240). Berkat kegemarannya membaca, Lee Kun Hee bisa menjadi pemimpin yang sukses.

Di samping prinsip-prinsip di atas, masih banyak prinsip lain yang dibahas dalam buku ini. Semua prinsip yang dipaparkan dalam buku ini diterapkan oleh Lee Kun Hee dalam manajemen barunya. Pada intinya, Lee Kun Hee menerapkan manajemen baru yang mengutamakan pelanggan. Samsung bisa memberikan kepuasan pada konsumen dengan produk-produk berkualitas tinggi dan didesain dengan menarik. Lee Kun Hee menyatakan bahwa inovasi produk itu tidak hanya mencakup kualitas, tetapi juga desain. Alhasil, perpaduan antara kualitas tinggi dan desain menarik membuat produk-produk Samsung pun berhasil menguasai pasar dunia mengalahkan para pesaingnya.( Niam At-Majha, Pecinta Buku & Petani Kopi)

Judul               : Samsung Code

Penulis             : Kim Byung-Wan

Penerbit           : Noura Books

Tahun terbit    : Cet I. September 2014

Tebal               : 268 hlm

ISBN               :978-602-1306-34-5

 


  • Penulis: admin

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Jelang Ruqyah Massal di Gembong, MWC Tepis Asumsi Negatif Warga

    Jelang Ruqyah Massal di Gembong, MWC Tepis Asumsi Negatif Warga

    • calendar_month Sen, 4 Nov 2019
    • account_circle admin
    • visibility 26
    • 0Komentar

    GEMBONG-Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) dan Tim Jolosutro Pati akan menggelar rukyah massal dalam waktu dekat. hal ini disampaikan oleh salah satu praktisi rukyah JRA, Fahruddin. “Sudah Kami agendakan untuk menggelar ruqyah massal di Gembong minggu ini” tuturnya singkat. Flyer Ruqyah Aswaja di SMK NU Gembong, Minggu (10/11) esok Dikonfirmasi dari panitia Ruqyah Massal Gembong, M. […]

  • PC IPNU : Saatnya Hijaukan Pati Sejak Dini

    PC IPNU : Saatnya Hijaukan Pati Sejak Dini

    • calendar_month Sen, 22 Jul 2019
    • account_circle admin
    • visibility 16
    • 0Komentar

    PATI-Pengurus Cabang IPNU IPPNU Kabupaten Pati tak henti-henti melakukan sosialisasi ke-IPNU/IPPNU-an. Hal ini dilakukan secara masif untuk menggalakkan keaktifan pengurus di berbagai level. Mengingat, dari total 21 kecamatan di Kab. Pati, baru 19 yang memiliki Pengurus Anak Cabang (PAC). Proses sosialisasi IPNU/IPPNU Pati Kota “Masih kurang dua (PAC). Insya Allah dalam waktu dekat akan kita […]

  • Fenomena FOMO Ramadan

    Fenomena FOMO Ramadan

    • calendar_month Ming, 23 Mar 2025
    • account_circle admin
    • visibility 28
    • 0Komentar

    Oleh Hamidulloh Ibda*   Apa to sakjane FOMO kuwi? Fear of Missing Out atau FOMO pada intinya perasaan cemas ketinggalan pengalaman atau aktivitas tertentu yang sering muncul saat Rmadan. Fenomena Ramadan intinya perasaan cemas atau takut ketinggalan momen-momen berharga selama bulan Ramadan. Fenomena ini seringkali dipicu oleh media sosial, ya Facebook, Instagram, TikTok, X, di […]

  • a close up of a clock on a wall

    Muru’ah

    • calendar_month Jum, 24 Mei 2024
    • account_circle admin
    • visibility 18
    • 0Komentar

    Oleh : Inayatun Najikah Malam ahad kemarin saya mengikuti acara suluk maleman untuk pertama kalinya di Rumah Adab Indonesia Mulia. Malam itu adalah edisi ke 149 dengan menghadirkan Mbah Mus atau Kyai Ahmad Musthofa Bisri, KH. Nawawie Kholil, Budi Maryono, dan tentu saja Habib Anis Sholeh Baasyin. Episode kali ini adalah tentang menjaga muru’ah. Acaranya […]

  • PCNU-PATI Photo by Anita Austvika

    Puisi Puisi Eska Mariska

    • calendar_month Ming, 13 Nov 2022
    • account_circle admin
    • visibility 23
    • 0Komentar

    Delapan Oktober Perilakumu manis sayang diikuti tutur kata yang keluar dari mulutmu seakan meyakinkanku yang putus asa akan cinta senyumanmu mengikat, menghipnotisku untuk terus menatap tidak ada sejengkalpun yang terlewat kamu memanjakanku malam itu mengutuk semua orang yang menganggu aku berusaha tenang,  lisanku berusaha diam tidak ada balasan dariku untukmu hanya tawa dan anggukan kepala […]

  • JIHAD ONLINE WAJIB

    JIHAD ONLINE WAJIB

    • calendar_month Rab, 29 Okt 2025
    • account_circle admin
    • visibility 3.995
    • 0Komentar

      Santri tidak hanya mendalami agama, tapi juga harus mampu menyebarluaskan ilmu agama kepada masyarakat luas. Salah satu sarananya adalah melalui media online. Jamal Ma’mur Asmani dalam Talskhow “Santri Siap Menghadapi Era Digital” yang diadakan Pondok Pesantren Inaratud Duja Fin Nahwi Wat Tashnifi Wonokerto Pasucen Trangkil Pati pada senin, 27 Oktober 2025, menjelaskan bahwa santri […]

expand_less