Iklan
Pustaka

Tips Sukses Samsung

 

Perusahaan Samsung didirikan oleh Lee Byung-Chul pada 1948. Pada masa awal pendiriannya, Samsung hanyalah perusahaan kelas teri dan produk-produknya kurang laku di pasaran. Bahkan, Samsung pernah terancam bangkrut karena manajemen yang buruk. Kejayaan Samsung menjadi perusahaan global terkemuka baru tercapai pada masa kepemimpinan Lee Kun Hee, putra dari Lee Byung-Chul.

Sebagai anak bungsu di keluarganya, peluang Lee Kun He memimpin Samsung Group sangat kecil. Namun ayahnya, Lee Byung-chul menyadari bakat besar Lee Kun Hee untuk melanjutkan kepemimpinannya. Ternyata, Lee Kun Hee mampu memimpin Samsung Group menjadi salah satu perusahaan terbaik di dunia. Buku ini mencoba menguak rahasia sukses Samsung di bawah pimpinan Lee Kun Hee.

Iklan

            Setelah dilantik menjadi presiden direktur Samsung pada tahun 1987, Lee Kun Hee menegaskan bahwa fokus dan sikap yang baik harus dipertahankan di setiap tatanan manajemen perusahaan. Dalam rapat direksi, Lee Kun Hee mengajak para bawahannya untuk bersama-sama membangun Samsung baru yang berdaya saing tinggi (hal. 31).

Dalam buku ini, Kim Byung-Wan memaparkan dua puluh tujuh prinsip yang diterapkan oleh Lee Kun Hee dalam memimpin Samsung.        Prinsip-prinsip yang diterapkan oleh Lee Kun Hee diuraikan dalam sembilan bab dan masing-masing bab berisi tiga prinsip. Prinsip-prinsip yang diterapkan oleh Lee Kun Hee berkaitan dengan kehidupannya sehari-hari sejak muda. Misal, Lee Kun Hee sangat menyukai anjing, menonton film, berolahraga, dan membaca buku. Semua hobi itu sudah dilakukan Lee Kun Hee sejak kecil dan ternyata berdampak sangat positif ketika menjadi pemimpin perusahaan.

Penyuka anjing biasanya sekadarnya saja memelihara anjing, tetapi Lee Kun Hee tidak menganggap anjing sebagai hewan peliharaannya semata. Dia benar-benar bersahabat dengan anjing dan belajar banyak hal dari kehidupan anjing. Seperti anjing Jindo yang memiliki insting pemburu dan penciuman yang tajam, Lee Kun Hee secara aktif berburu data hidup dan mampu mengendus di mana ia bisa mendapatkannya.

Bagi sebagian orang sering menonton film akan membosankan. Akan tetapi, bagi Lee Kun Hee, film bukan sekadar tampilan adegan tanpa makna (h. 40). Lee Kun Hee telah menonton ribuan film sejak masih kecil. Dia tidak sekadar menonton film seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang, yakni hanya melihat akting dari pemeran utamanya. Lee Kun Hee mendalami setiap karakter tokoh film tersebut.  Dia juga melihat sebuah film dari sisi juru kamera dan sutradara. Dengan menonton film dari berbagai sudut pandang membuat imajinasi dan kreativitas Lee Kun Hee berkembang pesat.

Lee Kun Hee memiliki berbagai hobi dalam cabang berolahraga seperti; gulat, berkuda, golf, tenis meja, ski, dan rugbi. Lee Kun Hee menerapkan apa yang dipelajarinya dari golf ke dalam sistem manajemen barunya sejak 1993. Para pemain golf akan terus mengulang kembali apa yang telah mereka pelajari. Mereka melakukan hal itu sampai bisa menguasai semua teknik hingga kemampuan mereka meningkat. Lee Kun Hee menjalankan bisnisnya dengan prinsip yang serupa (h. 108).

Lee Kun Hee juga sangat gemar membaca. Lee Kun Hee mendapatkan banyak pemikiran yang berbeda dan luar biasa hanya dari membaca buku (h. 240). Berkat kegemarannya membaca, Lee Kun Hee bisa menjadi pemimpin yang sukses.

Di samping prinsip-prinsip di atas, masih banyak prinsip lain yang dibahas dalam buku ini. Semua prinsip yang dipaparkan dalam buku ini diterapkan oleh Lee Kun Hee dalam manajemen barunya. Pada intinya, Lee Kun Hee menerapkan manajemen baru yang mengutamakan pelanggan. Samsung bisa memberikan kepuasan pada konsumen dengan produk-produk berkualitas tinggi dan didesain dengan menarik. Lee Kun Hee menyatakan bahwa inovasi produk itu tidak hanya mencakup kualitas, tetapi juga desain. Alhasil, perpaduan antara kualitas tinggi dan desain menarik membuat produk-produk Samsung pun berhasil menguasai pasar dunia mengalahkan para pesaingnya.( Niam At-Majha, Pecinta Buku & Petani Kopi)

Judul               : Samsung Code

Penulis             : Kim Byung-Wan

Penerbit           : Noura Books

Tahun terbit    : Cet I. September 2014

Tebal               : 268 hlm

ISBN               :978-602-1306-34-5

 


Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Back to top button