Rangkul Komunitas Produsen Kopi, KKN Tempura IPMAFA Lakukan Pendampingan Marketing UMKM Kopi Desa Tempur
Pcnupati.or.id-Tempur, 01/09/2023. KKN Tempura melaksanakan program di bidang ekonomi yang berkaitan dengan pendampingan marketing kepada para pelaku usaha kopi. Kegiatan dikemas secara santai berupa kopdar, bersama dengan komunitas UMKM kopi desa Tempur bernama Klaster Kopi Tempur yang diketuai oleh Khusnul Ulum yang sekaligus pemilik The Real Kopi Tempur serta tim KKN Tempura IPMAFA. Klaster Kopi sendiri merupakan komunitas atau perkumpulan pelaku UMKM kopi yang ada di desa Tempur yang digunakan sebagai wadah untuk menyatukan para produsen kopi.
Kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan yang dikemas secara santai melalui kopdar. Agenda kopdar komunitas UMKM kopi desa Tempur berupa pengambilan foto produk seluruh anggota klaster kopi, dengan mengumpulkan berbagai jenis produk kopi anggota klaster kopi desa Tempur oleh tim KKN Tempura IPMAFA. Proses pengambilan foto produk dikemas dengan beberapa model gambar sesuai dengan karakter dari masing – masing produk.
Selain dalam pengambilan foto produk, pendampingan juga diarahkan pada digital marketing yaitu melalui praktek penggunaan aplikasi jual beli online meliputi pembuatan akun aplikasi jual beli online, teknik penggunaan, hingga cara melakukan promosi. Pendampingan digital marketing diawali dengan pemberian materi kemudian praktek yang dipimpin oleh ketua Klaster Kopi Tempur saudara Khusnul Ulum bersama Tim KKN Tempura IPMAFA secara intens.
“saluran penjualan produk, supaya suatu produk bisa terjual itu berbentuk seperti segitiga yang terbalik , artinya memerlukan suatu tahapan yang perlu dilewati. , yang berawal dari tahu, kemudian tertarik, ingin membeli, beli, loyal serta membantu dalam proses promosi. Tutur Khusnul ulum (ketua Klaster kopi dan Owner The Real Kopi Tempur)
Reporter: M. Irfan Maulana, Ketua KKN Tempura