Forum Bahtsul Masail Diniyah yang digelar oleh Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PCNU Kab. Pati di Komplek Nyai Ageng Ngerang Tambakromo telah menetapkan keputusan terkait dengan hukum memberi makan burung dengan jangkrik dan kroto, hukum membudidayakan jangkrik dan kroto, serta sah atau tidak jual beli jangkrik dan kroto?
Ketiga as’ilah terkait kroto dan jangkrik tersebut memang menjadi bahasa utama dalam forum ilmiah yang digelar oleh LBM PCNU Kab. Pati yang bekerjasama dengan MWC NU Kec. Tambakromo. Kegiatan ini berlangsung pada 23 Agustus 2019 (22 Dzulhijjah 1440) di Paseban Makan Nyai Ageng Ngerang Tambakromo.
Sebagaimana rilis tertulis yang diterima oleh website NU Pati, dideskripsikan akan maraknya lomba burung oceh-ocehan. akibatnya banyak orang yang memeliharanya, yang mana makanannya kebanyakan dari belalang, jangkrik dan kroto, sehingga banyak yang membudidayakan jangkrik atau kroto, untuk di jual.
Iklan
Masih menurut rilis tersebut, menjadikan jangkrik sebagai pakan burung terkadang dengan memberikannya dalam keadaan mati, terkadang juga dalam keadaan hidup, apabila memberikannya dalam keadaan hidup terkadang terlebih dahulu membuang kaki dan sayapnya, atau memberikannya secara utuh.
Adapun jangkrik dan kroto tersebut dihasilkan dari hasil budidaya ataupun dengan cara mencari.
Dari deskripsi masalah tersebut mengerucut pada dua permasalahan yang kemudian dibahas dalam forum bahtsul masail tersebut. Pertama, bolehkah memberi makan burung dengan jangkrik atau kroto?. Kedua, bagaimana hukum membudidayakan jangkrik atau kroto?
Bolehkah Memberi Makan Burung dengan Jangkrik atau Kroto?
Bolehkah memberi makan burung dengan jangkrik atau kroto?
Forum bahstul masail menetapkan hukum memberi makan burung menggunakan jangkrik adalah boleh.
Adapun mengenai praktek dalam pemberian pakan hukumnya terperinci menjadi tiga hal yaitu dalam keadaan mati, hidup secara utuh, atau hidup dengan membuang kaki atau sayap. Pertama dengan menjadikan jangkrik sebagai pakan dalam keadaan mati hukumnya boleh. Kedua jika menjadikannya pakan dalam keadaan hidup secara utuh, menurut qoul ashoh hukumnya boleh.
Sedang ketiga, jika menjadikannya pakan dalam keadaan hidup dengan membuang kaki dan sayapnya terlebih dahulu hukumnya ditafsil menjadi dua jenis. Apabila ada hajat hukumnya hilaf, menurut Imam al-Ghozali boleh, menurut Imam al-Haromain hukumnya haram. Sedang jika tidak terdapat hajat hukumnya haram karena termasuk taādzib (penyiksaan) tanpa adanya hajat.
Penetapan hukum ini mengambil referensi dari Fathul muĆ®n & Iāanah at-thalibĆ®n juz 2 hal. 80; Az-zawĆ¢jir juz 1 hal. 409; I’anah at-thĆ¢libĆ®n juz 1 hal. 33, dan Tuhfah al-muhtĆ¢j juz 40 hal. 408
Teks referensi tersebut bisa dibaca sebagai di bawah ini.
& ŁŲŖŲ Ų§ŁŁ
Ų¹ŁŁ Ł
Ų¹ ŲŲ§Ų“ŁŲ© Ų„Ų¹Ų§ŁŲ© Ų§ŁŲ·Ų§ŁŲØŁŁ – (2 / 80(
ŁŁŁ Ų„Ų·Ų¹Ų§Ł
Ł
ŁŲŖŲ© ŁŁŲŁ Ų·ŁŲ± ŁŲ§ ŁŲ§ŁŲ± ŁŁ
ŲŖŁŲ¬Ų³ ŁŲÆŲ§ŲØŲ©
( ŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų„Ų·Ų¹Ų§Ł
Ł
ŁŲŖŲ© ) أ٠ŁŲ¬ŁŲ² ŁŁŲ“Ų®Ųµ Ų„Ų·Ų¹Ų§Ł
Ł
ŁŲŖŲ© ( ŁŁŁŁŁ ŁŁŲŁ Ų·ŁŲ± ) أ٠Ł
Ł ŁŁ ŲŁŁŲ§Ł Ų·Ų§ŁŲ± أ٠ŁŲ¬Ų³ ŁŁŁŲØ ŁŲ®ŁŲ²ŁŲ± ( ŁŁŁŁ ŁŲ§ ŁŲ§ŁŲ± ) أ٠ŁŲ§ ŁŲ¬ŁŲ² Ų„Ų·Ų¹Ų§Ł
ŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŲ± أ٠ŁŲµŲØŁ ŲŗŁŲ± Ł
Ł
ŁŲ² ŁŁ
Ų§ ŁŲ§ ŁŲ¬ŁŲ² Ų„Ų·Ų¹Ų§Ł
ŁŲ§ ŁŁŁ
Ų³ŁŁ
ŁŁŁŲµŲØŁ Ų§ŁŁ
Ł
ŁŲ² ŁŁŁ ŁŲ§Ł ŁŲ¢ŲÆŁ
Ł ŁŁŁ ŁŲ§ŁŲ±Ų§ ŁŁŲ§Ł Ų£ŁŁŁ ( ŁŁŁŁ ŁŁ
ŲŖŁŲ¬Ų³ ŁŲÆŲ§ŲØŲ© ) Ų£Ł ŁŁŲ¬ŁŲ² Ų„Ų·Ų¹Ų§Ł
Ų·Ų¹Ų§Ł
Ł
ŲŖŁŲ¬Ų³ ŁŁŁ ŲØŁ
ŲŗŁŲø ŁŲÆŲ§ŲØŲ© ŁŁŁ Ų¬Ł
Ų¹ ŲØŁŁ ŁŲ°Ų§ ŁŁ
Ų§ ŁŲØŁŁ ŁŁŲ§Ł ŁŁŁ Ų„Ų·Ų¹Ų§Ł
Ł
ŁŲŖŲ© Ł
ŲŖŁŲ¬Ų³ ŁŲÆŲ§ŲØŲ© ŁŁŲ§Ł Ų£Ų®ŲµŲ± ŁŲ£ŁŁŁ ŁŲ„ŁŁŲ§Ł
عبارت٠أ٠ŁŲŁ Ų§ŁŲ·ŁŲ± ŁŁŲ³ Ł
Ł Ų§ŁŲÆŁŲ§ŲØ ŁŁŁŲ³ ŁŲ°ŁŁ
& Ų§ŁŲ²ŁŲ§Ų¬Ų± – (1 / 409)
Ų§ŁŁŲØŁŲ±Ų© Ų§ŁŲ«Ų§ŁŁŲ© ŁŲ§ŁŲ«Ų§ŁŲ«Ų© ŁŲ§ŁŲ±Ų§ŲØŲ¹Ų© ŁŲ§ŁŲ®Ų§Ł
Ų³Ų© ŁŲ§ŁŲ³Ų§ŲÆŲ³Ų© ŁŲ§ŁŲ³ŲŖŁŁ ŲØŲ¹ŲÆ Ų§ŁŁ
Ų§Ų¦Ų© : Ų§ŁŁ
Ų«ŁŲ© ŲØŲ§ŁŲŁŁŲ§Ł ŁŁŲ·Ų¹ Ų“ŁŲ” Ł
Ł ŁŲŁ Ų£ŁŁŁ Ų£Ł Ų£Ų°ŁŁ Ų ŁŁŲ³Ł
Ł ŁŁ ŁŲ¬ŁŁ Ų ŁŲ§ŲŖŲ®Ų§Ų°Ł ŲŗŲ±Ų¶Ų§ Ų ŁŁŲŖŁŁ ŁŲŗŁŲ± Ų§ŁŲ£ŁŁ Ų ŁŲ¹ŲÆŁ
Ų„ŲŲ³Ų§Ł Ų§ŁŁŲŖŁŲ© ŁŲ§ŁŲ°ŲØŲŲ© ) Ų£Ų®Ų±Ų¬ Ų£ŲŁ
ŲÆ ŲØŲ³ŁŲÆ Ų±ŁŲ§ŲŖŁ Ų«ŁŲ§ŲŖ Ł
Ų“ŁŁŲ±ŁŁ Ų£ŁŁ ŲµŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŁŲ³ŁŁ
ŁŲ§Ł : { Ł
Ł Ł
Ų«Ł ŲØŲ°Ł Ų±ŁŲ Ų«Ł
ŁŁ
ŁŲŖŲØ Ł
Ų«Ł Ų§ŁŁŁ ŲØŁ ŁŁŁ
Ų§ŁŁŁŲ§Ł
Ų© } – Ų§ŁŁ أ٠ŁŲ§Ł – ŲŖŁŲØŁŁ : Ł
Ų§ Ų°ŁŲ±ŲŖŁ Ł
Ł Ų¹ŲÆ ŁŲ°Ł Ų§ŁŲ®Ł
Ų³Ų© Ł
Ł Ų§ŁŁŲØŲ§Ų¦Ų± ŁŁ
Ų£Ų±Ł ŁŁŁŁ ŁŁ Ų§ŁŲ«ŁŲ§Ų«Ų© Ų§ŁŲ£ŁŁ ŁŁ ŲµŲ±ŁŲ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲÆ Ų§ŁŲ“ŲÆŁŲÆ Ų§ŁŲ°Ł ŁŁ Ų§ŁŲŲÆŁŲ« Ų§ŁŲ£ŁŁŲ ŁŲ§ŁŲ«Ų§ŁŁ ŁŁ Ų§ŁŁ
Ų«ŁŲ© Ų ŁŲ§ŁŲ«Ų§ŁŲ« ŁŲ§ŁŲ±Ų§ŲØŲ¹ ŁŁ Ų§ŁŁŲ³Ł
Ų ŁŲ§ŁŲ®Ų§Ł
Ų³ ŁŁ Ų§ŲŖŲ®Ų§Ų° Ų§ŁŲŁŁŲ§Ł ŲŗŲ±Ų¶Ų§ Ų ŁŲ§ŁŲ³Ų§ŲÆŲ³ ŁŁ Ų§ŁŁŲŖŁ ŁŲŗŁŲ± Ų§ŁŲ£ŁŁ . ŁŲ£Ł
Ų§ Ų§ŁŲ³Ų§ŲÆŲ³ ŁŲÆŁŁŁŁ Ų§ŁŲŲÆŁŲ« Ų§ŁŲ³Ų§ŲÆŲ³ Ł
Ų¹ Ų§ŁŁŁŲ§Ų³ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŁ
Ų«ŁŲ© ŁŲ§ŁŁŲ³Ł
ŲØŲ§ŁŲ£ŁŁŁ ŁŲ£ŁŁ ŁŲ¤ŲÆŁ Ų„ŁŁ ŲŖŲ¹Ų°ŁŲØ Ų§ŁŲŁŁŲ§Ł Ų£Ł Ų£ŁŁŁ Ł
ŁŲŖŲ© . ŁŲŖŲ¹Ų°ŁŲØŁ Ų§ŁŲ“ŲÆŁŲÆ ŁŲ§ Ų“Ł ŁŁ ŁŁŁŁ ŁŲØŁŲ±Ų© ŁŲ£ŁŁ Ų§ŁŁ
ŁŲŖ Ų§ŁŲ¢ŲŖŁ Ų«Ł
Ų±Ų£ŁŲŖ Ų¬Ł
Ų¹Ų§ Ų£Ų·ŁŁŁŁŲ§ أ٠تعذŁŲØ Ų§ŁŲŁŁŲ§Ł ŁŲØŁŲ±Ų© .
& Ų„Ų¹Ų§ŁŲ© Ų§ŁŲ·Ų§ŁŲØŁŁ – (1 / 33)
ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŲÆ Ų“Ł Ų¹Ų¶Ł Ł
ŁŁŲ§ Ł
ŲŖŲ¹ŁŁ بسائ٠أ٠سائ٠عŁŲÆ Ų“Ł Ų¹Ų¶Ł Ł
ŁŁŲ§ ŁŁ ŲŁŲ§ŲŖŁŲ§ أ٠عŁŲÆ ŁŲŖŁŁŲ§ ŁŁŲŲ±Ł
Ų§ŁŲ“Ł Ų§ŁŁ
Ų°ŁŁŲ± Ų£Ł Ų§ŁŁŲŖŁ ŲØŲ§ŁŁŲµŲÆ ŁŁŲŖŲ¹Ų°ŁŲØ ŁŲ§Ų®ŲŖŁŁ ŁŁŁ
Ų§ Ų“Ł ŁŁ Ų³ŁŁ ŲÆŁ
Ł ŁŲ¹ŲÆŁ
Ł ŁŁŁ ŁŲ¬ŁŲ² Ų“Ł Ų¹Ų¶Ł Ł
ŁŁ أ٠ŁŲ§ ŁŲ§Ł ŲØŲ§ŁŲ£ŁŁ Ų§ŁŲ±Ł
ŁŁ ŲŖŲØŲ¹Ų§ ŁŁŲŗŲ²Ų§ŁŁ ŁŲ£ŁŁ ŁŲŲ§Ų¬Ų© ŁŁŲ§Ł ŲØŲ§ŁŲ«Ų§ŁŁ Ų§ŲØŁ ŲŲ¬Ų± ŲŖŲØŲ¹Ų§ ŁŲ„Ł
Ų§Ł
Ų§ŁŲŲ±Ł
ŁŁ ŁŁ
Ų§ ŁŁŁ Ł
Ł Ų§ŁŲŖŲ¹Ų°ŁŲØ ŁŁŁ ŲŁŁ
Ł
Ų§ ŁŲ§ ŁŲ³ŁŁ ŲÆŁ
Ł ŁŁŁ
Ų§ ŁŲøŁŲ± Ł
Ł ŁŁŲ§Ł
ŁŁ
Ų¹Ł
ŁŲ§ ŲØŁŁŁ Ų§ŁŲ£ŲµŁ ŁŁ Ų§ŁŁ
Ų§Ų” Ų§ŁŲ·ŁŲ§Ų±Ų© ŁŁŲ§ ŁŁŲ¬Ų³Ł Ų§ŁŲ“Ł ŁŁŲŲŖŁ
Ł Ų¹ŲÆŁ
Ų§ŁŲ¹ŁŁ ŁŲ£Ł Ų§ŁŲ¹ŁŁ Ų±Ų®ŲµŲ© ŁŁŲ§ ŁŲµŲ§Ų± Ų„ŁŁŁŲ§ Ų„ŁŲ§ ŲØŁŁŁŁ
& ŲŖŲŁŲ© Ų§ŁŁ
ŲŲŖŲ§Ų¬ ŁŁ Ų“Ų±Ų Ų§ŁŁ
ŁŁŲ§Ų¬ – (40 / 408)
( ŁŁŲ§ ŁŁŲ·Ų¹ ) Ų§ŁŲ“Ų®Ųµ ( ŲØŲ¹Ų¶ Ų³Ł
ŁŲ© ) Ų Ų£Ł Ų¬Ų±Ų§ŲÆŲ© ŲŁŲ© أ٠: ŁŁŲ±Ł ŁŁ Ų°ŁŁ ŁŁ
Ų§ ŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŲ¶Ų© Ų ŁŲØŲŲ« Ų§ŁŲ£Ų°Ų±Ų¹Ł Ų ŁŲŗŁŲ±Ł ŲŲ±Ł
ŲŖŁ ŁŁ
Ų§ ŁŁŁ Ł
Ł Ų§ŁŲŖŲ¹Ų°ŁŲØ Ų ŁŁŁŲ±Ł Ų£ŁŲ¶Ų§ ŁŁŁŁŲ§ Ų ŁŲ“ŁŁŲ§ ŲŁŲ© Ų ŁŁŁŁ Ų£ŲØŁ ŲŲ§Ł
ŲÆ ŁŲŲ±Ł
ŲØŁŲ§Ł ŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŲ¶Ų© Ų¹ŁŁ ŲŲ±Ł
Ų© Ų§ŲØŲŖŁŲ§Ų¹ŁŲ§ ŲŁŲ© Ų ŁŲ§ŁŲ£ŲµŲ Ų£ŁŁ Ł
ŲØŲ§Ų ŁŲ§Ų³ŲŖŲ“ŁŁ ŲØŲ£ŁŁ ŁŲ§ ŁŁŲ²Ł
Ł
Ł ŲŁ Ų§ŁŲ§ŲØŲŖŁŲ§Ų¹ ŲŁ Ų§ŁŁŁŁ ŁŁ
Ų§ ŁŁŁ Ł
Ł Ų§ŁŲŖŲ¹Ų°ŁŲØ ŲØŲ§ŁŁŲ§Ų± Ų ŁŁŲ¶ŁŲ© Ų¬ŁŲ§Ų² ŁŁŁ Ų ŁŲ“Ł Ų§ŁŲ¬Ų±Ų§ŲÆ ŲŁ ŲŲ±ŁŁ Ł
Ų·ŁŁŲ§ ŁŁŁ ŁŲ§Ł Ų§ŁŁŲ§Ų¶Ł ŁŲÆŁŲ¹ ع٠ŁŲŁ Ų²Ų±Ų¹ ŲØŲ§ŁŲ£Ų®Ł ŁŲ§ŁŲ£Ų®Ł Ų ŁŲ„Ł ŁŁ
ŁŁŲÆŁŲ¹ Ų„ŁŲ§ ŲØŲ§ŁŲر٠جاز Ų ŁŁŲ°Ų§ ŁŲŁ Ų§ŁŁŁ
Ł . Ų§ ŁŁ . ŁŲ£ŁŁŁ ŲØŲ¹Ų¶ŁŁ
ŁŁŁŲ§ŁŁ Ų°ŁŁ Ų¹ŁŁ Ų¬ŁŲ§Ų²Ł ŲØŁŲ§ ŁŲ±Ų§ŁŲ© أ٠: ŲØŲ®ŁŲ§Ł ŲŲ±ŁŁ ŲØŁŲ§ ŲŲ§Ų¬Ų© Ų ŁŲ„ŁŁ Ł
ŁŲ±ŁŁ
Bagaimana Hukum Membudidayakan Jangkrik atau Kroto?
Pertanyaan lanjutan dari permasalahan pertama adalah bagaimana hukum membudidayakan jangkrik atau kroto?
Masih berdasarkan rilis tertulis hasil keputusan bahtsul masail yang diterima oleh website NU pati, forum memutuskan bahwa hukum membudidayakan jangkrik atau kroto adalah boleh. Ini memandang budidaya ini bertujuan untuk dijadikan sebagai pakan burung yang mana hal tersebut diperkenankan.
Dasar keputusan yang diambil bersumber dari kitab Majmu’ah Sabāah Kutub MufĆ®dah hal. 140 yang berbunyi,
& Ł
Ų¬Ł
ŁŲ¹Ų© Ų³ŲØŲ¹Ų© ŁŲŖŲØ Ł
ŁŁŲÆŲ© – Ųµ : 140
ŁŁŁŲ³Ų§Ų¦Ł ŲŁŁ
Ų§ŁŁ
ŁŲ§ŲµŲÆ Ų£Ł ŁŲ„Ł ŁŲµŲÆŲŖ ŁŁŲ„Ų¹Ų§ŁŲ© Ų¹ŁŁ ŁŲ±ŲØŲ© ŁŲ§ŁŲŖ ŁŲ±ŲØŲ© أ٠Ł
ŲØŲ§Ų ŁŲ§ŁŲŖ Ł
ŲØŲ§ŲŲ© أ٠Ł
ŁŲ±ŁŁ ŁŲ§ŁŲŖ Ł
ŁŲ±ŁŁŲ© أ٠ŲŲ±Ų§Ł
ŁŲ§ŁŲŖ ŲŲ±Ų§Ł
Ų§.
Sahkah Jual Beli Jangkrik dan Kroto?
Sah ataukah tidak jual beli jangkrik dan kroto?
Bahtsul masail LBM PCNU mentapkan bahwa jual beli jangkrik hukumnya tidak sah menurut madzhab syafiāiyah. karena jangkrik ini termasuk hasyarĆ¢t (serangga) yang tidak memiki manfaat secara syaraā sehingga tidak sah untuk diperjualbelikan.
Meski demikian, forum memberikan solusi dengan cara Naqlul yad, yakni pemindahan kekuasaan atas sebuah benda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara Mustahiq (orang yang berhak atas sebuah benda) berkata, “Aku lepas hakku atas benda ini dengan imbalan sekian…” kemudian pihak yang lain menjawab: “Iya, aku terima”.
Keputusan dan solusi ini didasarkan pada beberapa kitab referensi yang diantaranya adalah Mughni al-Muhtâj juz 6 hal. 259, Hasyiah al-Jamal juz 10 hal. 187, Hasyiah al-Bâjûriy juz 1 hal. 343, dan Hasyiah al-Jamal juz 10 hal. 125 dengan teks sebagai berikut,
& Ł
ŲŗŁŁ Ų§ŁŁ
ŲŲŖŲ§Ų¬ – (6 / 259(
Ų§ŁŲ“ŁŁŲ±ŁŲ·Ł ( Ų§ŁŲ«ŁŁŲ§ŁŁŁ ) Ł
ŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŁŲ·Ł Ų§ŁŁŁ
ŁŲØŁŁŲ¹Ł ( Ų§ŁŁŁŁŁŁŲ¹Ł ) Ų£ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ§ŁŁŲŖŁŁŁŲ§Ų¹Ł ŲØŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŲ¹ŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ¢ŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ¬ŁŲŁŲ“Ł Ų§ŁŲµŁŁŲŗŁŁŲ±Ł ( ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲµŁŲŁŁ ŲØŁŁŁŲ¹Ł ) Ł
ŁŲ§ ŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲ¹Ł ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ ŁŁŲ¹ŁŲÆŁŁ Ł
ŁŲ§ŁŁŲ§ Ų ŁŁŲ£ŁŲ®ŁŲ°Ł Ų§ŁŁŁ
ŁŲ§ŁŁ ŁŁŁ Ł
ŁŁŁŲ§ŲØŁŁŁŲŖŁŁŁ Ł
ŁŁ
ŁŲŖŁŁŁŲ¹Ł ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų„Ų¶ŁŲ§Ų¹ŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁ
ŁŲ§ŁŁ Ų ŁŁŲ¹ŁŲÆŁŁ
Ł Ł
ŁŁŁŁŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁ Ų„Ł
ŁŁŲ§ ŁŁŲ®ŁŲ³ŁŁŲŖŁŁŁ ŁŁ ( Ų§ŁŁŲŁŲ“ŁŲ±ŁŲ§ŲŖŁ ) Ų§ŁŁŁŲŖŁŁ ŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲ¹Ł ŁŁŁŁŁŲ§ Ų¬ŁŁ
ŁŲ¹Ł ŲŁŲ“ŁŲ±ŁŲ©Ł ŲØŁŁŁŲŖŁŲŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŁŁ Ų ŁŁŁŁŁŁ ŲµŁŲŗŁŲ§Ų±Ł ŲÆŁŁŁŲ§ŲØŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ±ŁŲ¶Ł ŁŁŲ§ŁŁŲ®ŁŁŁŁŁŲ³ŁŲ§Ų”Ł ŁŁŲ§ŁŁŲŁŁŁŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŁŁŲ±ŁŲØŁ ŁŁŲ§ŁŁŁŁŲ£ŁŲ±ŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŁŁŁŁ
ŁŁŁ Ų ŁŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŲØŁŲ±ŁŲ©Ł ŲØŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŲ°ŁŁŁŲ±Ł Ł
ŁŁŁ Ł
ŁŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŁŁŲ§ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŁŁŲ§ŲµŁŁ ( ŁŁ ) ŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŲ¹Ł ( ŁŁŁŁŁ Ų³ŁŲØŁŲ¹Ł ) Ų£ŁŁŁ Ų·ŁŁŁŲ±Ł ( ŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁŲ¹Ł ) ŁŁŲ§ŁŁŲ£ŁŲ³ŁŲÆŁ ŁŁŲ§ŁŲ°ŁŁŲ¦ŁŲØŁ ŁŁŲ§ŁŁŲŁŲÆŁŲ£ŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŁŲŗŁŲ±ŁŲ§ŲØŁ ŲŗŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŁŁ
ŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ Ų ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲøŁŲ±Ł ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŲ¹ŁŲ©Ł Ų§ŁŁŲ¬ŁŁŁŲÆŁ ŲØŁŲ¹ŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŁŁŲŖŁ Ų ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŲ¹ŁŲ©Ł Ų§ŁŲ±ŁŁŁŲ“Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲØŁŁŁ Ų ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŁŲŖŁŁŁŲ§Ų”Ł Ų§ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲØŁŲ¹ŁŲ¶ŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁŁŁŲØŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŲ³ŁŁŁŁŲ§Ų³ŁŲ©Ł .Ų£ŁŁ
ŁŁŲ§ Ł
ŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁŲ¹Ł Ł
ŁŁŁ Ų°ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŲÆŁ ŁŁŁŲµŁŁŁŁŲÆŁ Ų ŁŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲŖŁŲ§ŁŁ Ų ŁŁŲ§ŁŁŁŁŲ±ŁŲÆŁ ŁŁŁŁŲŁŲ±ŁŲ§Ų³ŁŲ©Ł Ų ŁŁŲ§ŁŁŁŁŲŁŁŁ ŁŁŁŁŲ¹ŁŲ³ŁŁŁ Ų ŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŁŁŲÆŁŁŁŁŲØŁ ŁŁŁŁŲ£ŁŁŁŲ³Ł ŲØŁŲµŁŁŁŲŖŁŁŁ Ų ŁŁŲ§ŁŲ·ŁŁŲ§ŁŁŁŲ³Ł ŁŁŁŁŲ£ŁŁŁŲ³Ł ŲØŁŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų ŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§Ł
ŁŲŖŁŲµŁŲ§ŲµŁ Ų§ŁŲÆŁŁŁ
Ł ŁŁŁŁŲµŁŲŁŁ Ų ŁŁŁŁŲ°ŁŲ§ ŁŁŲµŁŲŁŁ ŲØŁŁŁŲ¹Ł Ų§ŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲ²ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲŖŁŁŁŲ±ŁŁŲØŁ ŲØŁŲ¹ŁŲŖŁŁŁŁŁ ŲØŁŲ®ŁŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŲŁŁ
ŁŲ§Ų±Ł Ų§ŁŲ²ŁŁŁ
ŁŁŁ
& ŲŲ§Ų“ŁŲ© Ų§ŁŲ¬Ł
Ł – (10 / 187)
( Ł ) Ų«Ų§ŁŁŁŲ§ ( ŁŁŲ¹ ) ŲØŁ Ų“Ų±Ų¹Ų§ ( ŁŁŁ Ł
Ų§Ų” ŁŲŖŲ±Ų§ŲØŲ§ ŲØŁ
Ų¹ŲÆŁŁŁ
Ų§ ) ŁŁŲ§ ŁŁŲÆŲ ŁŁŁ Ų„Ł
ŁŲ§Ł ŲŖŲŲµŁŁ Ł
Ų«ŁŁŁ
Ų§ ŲØŁŲ§ ŲŖŲ¹ŲØ ŁŁŲ§ Ł
Ų¤ŁŲ© ŁŲ³ŁŲ§Ų” Ų£ŁŲ§Ł Ų§ŁŁŁŲ¹ ŲŲ§ŁŲ§ Ų£Ł
Ł
Ų¢ŁŲ§ ŁŲ¬ŲŲ“ ŲµŲŗŁŲ± ( ŁŁŲ§ ŁŲµŲ ŲØŁŲ¹ ŲŲ“Ų±Ų§ŲŖ ) ŁŲ§ ŲŖŁŁŲ¹ ŁŁŁ ŲµŲŗŲ§Ų± ŲÆŁŲ§ŲØ Ų§ŁŲ£Ų±Ų¶ ŁŲŁŲ© ŁŲ¹ŁŲ±ŲØ ŁŁŲ§Ų±Ų© ŁŲ®ŁŁŲ³Ų§Ų” Ų„Ų° ŁŲ§ ŁŁŲ¹ ŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§ŲØŁ ŲØŲ§ŁŁ
Ų§Ł ŁŲ„Ł Ų°ŁŲ± ŁŁŲ§ Ł
ŁŲ§ŁŲ¹ ŁŁ Ų§ŁŲ®ŁŲ§Ųµ ŲØŲ®ŁŲ§Ł Ł
Ų§ ŁŁŁŲ¹ Ł
ŁŁŲ§ ŁŲ¶ŲØ ŁŁ
ŁŁŲ¹Ų© Ų£ŁŁŁ ŁŲ¹ŁŁ ŁŁ
ŁŁŲ¹Ų© Ų§Ł
ŲŖŲµŲ§Ųµ Ų§ŁŲÆŁ
( Ł ) ŁŲ§ ŲØŁŲ¹ ( Ų³ŲØŲ§Ų¹ ŁŲ§ ŲŖŁŁŲ¹ ) ŁŲ£Ų³ŲÆ ŁŲ°Ų¦ŲØ ŁŁŁ
Ų± ŁŁ
Ų§ ŁŁ Ų§ŁŲŖŁŲ§Ų” Ų§ŁŁ
ŁŁŁ ŁŁŲ§ Ł
Ł Ų§ŁŁŁŲØŲ© ŁŲ§ŁŲ³ŁŲ§Ų³Ų© ŁŁŲ³ Ł
Ł Ų§ŁŁ
ŁŲ§ŁŲ¹ Ų§ŁŁ
Ų¹ŲŖŲØŲ±Ų© ŲØŲ®ŁŲ§Ł Ł
Ų§ ŁŁŁŲ¹ Ł
ŁŁŲ§ ŁŲ¶ŲØŲ¹ ŁŁŲ£ŁŁ ŁŁŁŲÆ ŁŁŲµŁŲÆ ŁŁŁŁ ŁŁŁŲŖŲ§Ł
( ŁŁŁŁ Ų„Ų° ŁŲ§ ŁŁŲ¹ ŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§ŲØŁ ŲØŲ§ŁŁ
Ų§Ł ) أ٠ŁŲ§ ŁŁŲ¹ ŁŲ¹ŲŖŲØŲ± ŁŁŁŲµŲÆ Ų“Ų±Ų¹Ų§ ŲØŲŁŲ« ŁŁŲ§ŲØŁ ŲØŁ
Ų§Ł ŁŲ£ŁŁ Ų§ŁŁ
Ų±Ų§ŲÆ ŁŲ§ŁŁ
ŲÆŲ§Ų± Ų¹ŁŁ Ų£Ł ŁŁŁŁ ŁŁŁ Ł
ŁŁŲ¹Ų© Ł
ŁŲµŁŲÆŲ© Ł
Ų¹ŲŖŲÆ ŲØŁŲ§ Ų“Ų±Ų¹Ų§ ŲØŲŁŲ« ŲŖŁŲ§ŲØŁ ŲØŲ§ŁŁ
Ų§Ł ŁŲ„Ł ŁŁ
ŲŖŁŁ Ł
Ł Ų§ŁŁŲ¬Ł Ų§ŁŲ°Ł ŁŲ±Ų§ŲÆ Ų§ŁŲ§ŁŲŖŁŲ§Ų¹ ŲØŁ Ł
ŁŁ ŁŁŲ§ ŁŲ®Ų§ŁŁ Ł
Ų§ Ų³ŁŲ£ŲŖŁ ŁŁ Ų§ŁŲ£ŲµŁŁ ŁŲ§ŁŲ«Ł
Ų§Ų± Ł
Ł ŲØŁŲ¹ Ų§ŁŲ¬Ų²Ų© Ų§ŁŲøŲ§ŁŲ±Ų© ŁŲ§ŁŲ«Ł
Ų±Ų© Ų§ŁŲøŲ§ŁŲ±Ų© ŁŲØŁ ŲØŲÆŁ Ų§ŁŲµŁŲ§Ų ŲØŲ“Ų±Ų· Ų§ŁŁŲ·Ų¹ Ų§ ŁŁ .Ų Ł
( ŁŁŁŁ ŁŁ Ų§ŁŲ®ŁŲ§Ųµ ) ŁŁ Ų§ŁŲŖŁ ŲŖŲ°ŁŲ± ŁŁ Ų§ŁŁ
ŁŲ§ŁŲ¹ ŁŁ ŁŲŖŲØ Ų§ŁŲ·ŲØ Ų§ ŁŁ .
& Ų§ŁŲØŲ§Ų¬ŁŲ±Ł )Ų¬Ų²Ų” 1 Ųµ 343(
ŁŁŲ¬ŁŲ² ŁŁŁ Ų§ŁŁŲÆ Ų¹Ł Ų§ŁŁŲ¬Ų³ ŲØŲ§ŁŲÆŲ±Ų§ŁŁ
ŁŁ
Ų§ ŁŁ Ų§ŁŁŲ²ŁŁ Ų¹Ł Ų§ŁŁŲøŲ§Ų¦Ł ŁŲ·Ų±ŁŁŁ Ų£Ł ŁŁŁŁ Ų§ŁŁ
Ų³ŲŖŲŁ ŁŁ Ų£Ų³ŁŲ·ŲŖ ŲŁŁ Ł
Ł ŁŲ°Ų§ ŲØŁŲ°Ų§ ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲ£Ų®Ų± ŁŲØŁŲŖ. Ų§ŁŁ
& ŲŲ§Ų“ŁŲ© Ų§ŁŲ¬Ł
Ł – (10 / 126)
( ŁŲ±Ų¹ ) ŁŲ§ ŁŲØŲ¹ŲÆ Ų§Ų“ŲŖŲ±Ų§Ų· Ų§ŁŲµŁŲŗŲ© ŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲÆ ŁŁ Ų§ŁŲ§Ų®ŲŖŲµŲ§Ųµ ŁŁŲ§ ŁŲØŲ¹ŲÆ Ų¬ŁŲ§Ų² Ų£Ų®Ų° Ų§ŁŲ¹ŁŲ¶ Ų¹ŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲÆ ŁŁ
Ų§ ŁŁ Ų§ŁŁŲ²ŁŁ Ų¹Ł Ų§ŁŁŲøŲ§Ų¦Ł .
Masih menurut rilis tertulis LBM PCNU Kabupaten Pati, terkait dengan hukum mengenai kroto belum dapat terbahas. Mengingat keterbatasan waktu penyelenggaraan bahtsul masail. (munir/ltn/lbm)