Iklan
Kolom

Ramadan: Bulan Literasi dan Numerasi

Oleh Hamidulloh Ibda*

Selain menjadi bulan suci, bulan Ramadan dapat dianggap sebagai bulan yang mempromosikan literasi dan numerasi di antara umat muslim di seluruh dunia. Di tengah praktik ibadah puasa dan doa yang intens, terdapat peluang untuk memperdalam pengetahuan, meningkatkan keterampilan, dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang aspek literasi dan numerasi. Kita perlu menjelajahi bagaimana Ramadan menjadi bulan yang memperkuat intelektualitas umat Islam dari perspektif literasi dan numerasi.

Ramadan bukan hanya tentang praktik ibadah dan peningkatan spiritual, tetapi juga tentang pengembangan intelektualitas umat Islam. Literasi dan numerasi memiliki peran penting dalam memperdalam pemahaman agama, meningkatkan keterampilan praktis, dan mempromosikan kehidupan yang terorganisir dan terencana. Dengan memanfaatkan bulan Ramadan sebagai waktu untuk meningkatkan literasi dan numerasi, umat Islam dapat memperkuat koneksi antara keimanan dan pengetahuan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Konten Terkait
Iklan

Dengan demikian, Ramadan tidak hanya menjadi bulan ibadah, tetapi juga bulan pembelajaran, refleksi, dan pertumbuhan intelektual bagi umat Islam di seluruh dunia. Dengan memanfaatkan peluang yang ada selama bulan ini, umat Islam dapat terus berkembang secara spiritual, intelektual, dan praktis dalam perjalanan mereka menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih bermakna.

Literasi dalam Ramadan

Literasi dalam Ramadan mencakup pemahaman, apresiasi, dan praktik-praktik yang berkaitan dengan bulan suci dalam agama Islam. Ini melibatkan pemahaman tentang berbagai aspek seperti ibadah, etika, nilai-nilai, sejarah, dan budaya yang terkait dengan Ramadan. Literasi Ramadan bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang penerapan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam bulan suci ini dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membantu individu memperoleh manfaat spiritual dan moral yang lebih dalam dari Ramadan serta memperkuat ikatan mereka dengan komunitas Muslim secara lebih luas.

Jika dihitung, banyak sekali praktik literasi di bulan Ramadan. Pertama, tadarus Al-Quran. Ramadan adalah waktu yang tepat untuk membaca, mempelajari, dan merenungkan Al-Quran. Banyak umat Islam menetapkan tujuan untuk menyelesaikan membaca Al-Quran selama bulan ini, yang mempromosikan literasi dalam ajaran agama mereka.

Kedua,  ngaji kitab kuning dengan metode bandongan atau sorogan secara langsung maupun melalui live streaming di Youtube, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Ketiga, kajian keagamaan dan diskusi. Banyak masjid dan pusat keagamaan mengadakan kajian keagamaan dan diskusi selama bulan Ramadan. Ini memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran agama dan meningkatkan literasi keagamaan mereka.

Keempat, menulis dan membaca literatur islami. Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk membaca literatur Islami yang beragam seperti di NU Online Pati (Pcnupati.or.id) yang memuat kolom Ramadan ini, termasuk buku-buku tentang sejarah Islam, biografi Nabi Muhammad (SAW), serta buku-buku tentang etika dan moral Islam.

Kelima, pemahaman tentang ibadah. Literasi Ramadan mencakup pemahaman tentang ibadah-ibadah khusus yang dilakukan selama bulan ini, seperti puasa, shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, bersedekah, dan beribadah lainnya. Keenam, pemahaman tentang nilai-nilai. Ramadan adalah waktu yang mengajarkan nilai-nilai seperti kesabaran, belas kasihan, kedermawanan, pengendalian diri, dan tolong-menolong. Literasi Ramadan mencakup pemahaman tentang bagaimana menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ketujuh, pemahaman tentang etika dan adab. Literasi Ramadan juga mencakup pemahaman tentang etika dan adab yang harus diikuti selama bulan ini, seperti berbuka puasa dengan cara yang baik, menjaga lidah dari perkataan yang tidak baik, dan memperlakukan sesama dengan hormat. Kedelapan, pemahaman tentang sejarah Islam. Memahami sejarah dan latar belakang Ramadan sebagai bulan suci dalam Islam merupakan bagian penting dari literasi Ramadan. Ini termasuk pemahaman tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bulan Ramadan dalam sejarah Islam. Kesembilan, keterlibatan dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan. Literasi Ramadan juga mencakup keterlibatan dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan, seperti memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, berpartisipasi dalam program-program amal, dan mendukung kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Numerasi dalam Ramadan

Selain bulan literasi, Ramadan juga mengandung visualisasi numerasi di dalamnya. Numerasi dalam Ramadan melibatkan pemahaman dan penerapan konsep-konsep matematika dalam konteks bulan suci Islam ini. Penerapan konsep-konsep matematika ini dalam konteks Ramadan tidak hanya membantu individu atau komunitas mengelola waktu, keuangan, dan aspek praktis lainnya dari ibadah dan tradisi Ramadan, tetapi juga memperkuat keterampilan matematika mereka dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat sejumlah kegiatan numerasi di dalam Ramadan. Pertama, perhitungan atau penentuan awal dan akhir Ramadan (Idulfitri). Ini menjadi perdebatan terus-menerus antara hisab dan rukyat. Namun keduanya sama-sama memiliki dasar yang sahih dna bisa dipertanggungjawabkan.

Kedua, perhitungan waktu ibadah. Selama Ramadan, umat Islam melakukan puasa dari terbit hingga terbenamnya matahari. Ini memerlukan pemantauan waktu yang tepat, yang mempromosikan keterampilan numerasi dan pemahaman tentang konsep waktu. Ketiga, perhitungan amal dan zakat. Selama Ramadan, umat Islam juga dianjurkan untuk memberikan amal dan zakat. Ini melibatkan perhitungan jumlah uang yang harus disumbangkan, yang mempromosikan keterampilan numerasi dan pemahaman tentang pentingnya berbagi kepada sesama.

Keempat, perencanaan iftar dan sahur. Selama bulan Ramadan, umat Islam merencanakan waktu untuk berbuka puasa (iftar) dan makan sahur. Ini melibatkan perencanaan dan pengaturan waktu yang tepat, yang mempromosikan keterampilan numerasi dalam mengelola waktu dan persediaan makanan. Kelima, pengaturan jadwal shalat dan tarawih. Selama Ramadan, umat Islam juga melakukan shalat tarawih secara berjamaah di malam hari. Numerasi terjadi saat menentukan jumlah rakaat shalat tarawih dan pembagian waktu untuk menyelesaikan salat tersebut.

Keenam, penghitungan masa ramadhan pada kalender hijriyah. Ramadan berlangsung berdasarkan kalender Hijriyah, yang merupakan kalender lunar Islam. Numerasi terjadi saat menghitung atau mengkonversi tanggal-tanggal Ramadan antara kalender Hijriyah dan kalender Gregorian. Ketujuh, pengukuran konsumsi makanan. Beberapa individu atau keluarga mungkin menggunakan numerasi untuk mengatur dan menghitung konsumsi makanan selama bulan Ramadan, terutama saat mempersiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka puasa.

Kedelapan, perencanaan keuangan dan belanja. Selama Ramadan, ada peningkatan pengeluaran untuk keperluan seperti makanan, hadiah, dan amal. Numerasi menjadi penting dalam perencanaan keuangan pribadi atau keluarga, serta dalam mengatur anggaran untuk berbelanja selama bulan ini. Kesembilan, hitung-hitungan tunjangan hari raya yang dinanti oleh insan muslim di Indonesia. Poin terakhir ini penting. Bukankah demikian?

*Dr. Hamidulloh Ibda, M.Pd., penulis lahir di Pati, 17 Juni. Saat ini menjadi dosen Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung, Koordinator Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah 2018-2023, Kabid Media, Hukum, dan Humas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah 2020-sekarang, aktif menjadi reviewer 18 jurnal internasional terindeks Scopus, reviewer 9 jurnal internasional, editor dan reviewer 25 jurnal nasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Lihat Juga
Close
Back to top button