Iklan
Berita

PBNU Rilis Daftar Pengurus, 4 Ulama Pati Masuk Jajaran Syuriyah

KH. Aniq Muhammadun, salah satu kiai asal Pati yang namanya masuk dalam jajaran Syuriyah PBNU. 

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hari ini, Rabu (12/1) meluncurkan daftar nama pengurus baru era kepemimpinan KH. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya. Surat bernomor  01/A.II.04/01/2022 tentang Pengesahan Susunan Pengurus Besar NU tersebut memperlihatkan nama-nama tokoh yang akan berkhidmat di organisasi sosial keagamaan terbesar ini hingga 2027 mendatang. 

Iklan

Di antara beberapa tokoh itu, ada empat nama yang merupakan putra asli Pati yang menduduki posisi di jajaran Syuriyah. Ke empatnya adalah KH. Aniq Muhammadun (Tayu) dan KH. Muadz Thohir (Kajen) yang menjabat sebagai Ro’is Syuriyah. Selain itu, KH. Sholahuddin Al Ayyub dan KH. Abdul Ghoffar Rozien, juga terdaftar sebagai Katib Syuriyah PBNU masa Khidmat 2022-2027. 

Nama-nama tersebut merupakan ulama kenamaan Kabupaten Pati. Kiai Aniq, misalnya merupakan Ro’is Syuriyah PCNU Pati. Sementara KH. Muadz Thohir, selain dikenal sebagai sesepuh Kajen, juga sempat aktif sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Pati, Wakil Ketua PWNU Jateng dan A’wan PBNU.

Sementara Gus Rozien, putra Mbah Sahal Mahfudz juga aktif di NU melalui beragam media, salah satunya, dirinya menjabat sebagai ketua PB RMI. Di samping itu, Gus asal Pati ini juga memiliki jabatan di pemerintahan sebagai Stafsus Presiden. Dalam dunia pendidikan, perannya juga sangat vital, yaitu dia memegang jabatan sebagai Rektor Ipmafa Pati.

Di samping empat nama tersebut, ada lagi dua sosok perempuan asal Pati yang juga masuk dalam jajaran PBNU. Dia adalah Nyai Hj. Nafisah Sahal Mahfudz (Mustasyar) dan Nyai Hj. Badriyah Fayumi, putri KH. Fayumi Munji, Pendiri Ponpes Roudlatul Ulum, Kajen. 

Nyai Nafisah merupakan Pimpinan Ponpes Putri Al Badi’iyyah Kajen. Namanya di NU cukup harum. Bahkan dirinya pernah menjabat sebagai ketua Muslimat NU Pati dan berlanjut memimpin PW Muslimat NU Jawa Tengah. Karena kegigihannya, istri KH. Sahal Mahfudz ini, menduduki dua jabatan tersebut masing-masing selama dua Periode. 

sementara, Nyai Hj. Badriyah Fayumi, saat ini mrupakan pengasuh Ponpes Mahasiswa Darul Qur’an Wal Hadits, Bekasi, Jawa Barat. Di A’wan PBNU dirinya turut berkontribusi bersama tiga rekan wanitanya, Nyai Hj. Nafisah Ali Maksum, Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal dan Nyai Hj. Faizah Ali Sibronalisi dalam menyuarakan hak-hak perempuan.

Di jajaran Tanfidziyah, nama Syafi’i Alielha merupakan putra asli Pati. Namun tak banyak yang tau, bahwa Syafi’i Alielha adalah nama asli Saviq Ali.(karim/ltn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Back to top button