Rayakan Dies Natalis, Rektor Sampaikan Capaian INISNU
Temanggung – Rektor Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung Dr. KH. Muh. Baehaqi menyampaikan capaian kinerja tahunan kampus yang dipimpinnya dalam empat aspek yaitu Catur Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan-pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah. Hal itu terungkap pada Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Dies Natalis Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung ke-54 pada Sabtu (20/4/2024).
“Sebagai bagian dari tanggung jawab akademik terkait perkembangan Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung, kami dengan senang hati menyajikan laporan tahun 2023-2024. Laporan ini memberikan gambaran makro tentang pencapaian INISNU dalam menerapkan prinsip Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan-pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah,” katanya.
Pada aspek pendidikan-pengajaran, INISNU telah memiliki 6 Prodi S1 dengan akreditasi Baik Sekali dan B sebanyak 3 Prodi, dan 3 Prodi terakreditasi Baik menuju reakreditasi. Selain itu, sejak 2023 INISNU telah membuka Prodi S2 Hukum Keluarga Islam yang sedang proses akreditasi. “Tahun ini, insyallah izin operasional Prodi S2 Pendidikan Agama Islam akan turun karena kemarin sudah tahap validasi BAN-PT dari LAMDIK untuk kemudian dikeluarga KMA izin operasionalnya,” kata Rektor.
Pada aspek peninjauan dan pengembangan kurikulum, kata Rektor, kami terus memperbarui kurikulum dari kurikulum pendidikan tinggi mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Paradigma Keilmuan Integrasi-Kolaborasi dengan skema Anyaman Ilmu, Collaboration of Science, Takatuful Ulum, dan Manhaj Aswaja Annahdliyah untuk memastikan relevansi dengan kebutuhan pekerjaan, masyarakat, industri, dan tuntutan zaman.
Ia juga membeberkan capaian pendidikan dan pelatihan dosen, peningkatan mutu dosen, percepatan studi lanjut dan kenaikan jabatan fungsional dosen menuju Lektor Kepala dan Guru Besar. “Dari total 42 dosen tetap, sudah ada 10 doktor, 10 calon doktor yang baru dan tinggal menunggu sidang terbuka di kampus dalam dan luar negeri. Sedangkan percepatan kenaikan jabatan fungsional dosen menuju Lektor Kepala – Guru Besar, kita akan mulai tahun ini dengan sistem online karena harus melalui aplikasi di Kemenag RI dan Kemdikbudristek,” kata dia.
Selain itu, banyak dosen yang berkompetisis beasiswa studi lanjut di dalam dan luar negeri, seperti Beasiswa 5000 Doktor, Beasiswa LPDP dalam dan luar negeri, beasiswa penyelesaian studi dari LPDP Kemenag, dan beasiswa dari BPP INISNU.
Pada peningkatan kualitas mahasiswa, INISNU telah menjalin kerjasama dengan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia. Banyak pula mahasiswa mendapatkan kejuaraan seperti Masykur Azka Farkhan mahasiswa Ekonomi Syariah mendapatkan Medali Perunggu dalam Kejuaraan Kompetisi Eduka 2023 – Wawasan Dunia, Peraih Medali Perunggu dalam Olimpiade Sains Nasional (PESONA), Peraih Medali Perak dalam Kejuaraan Olimpiade Sains Nasional (Kompetensi Sains Indonesia) Sejarah Tingkat Nasional. Kemudian Miftachul Jannah, Juara II Lomba Speech Contest dalam Dies Natalis STIKES Wira Media Bali tahun 2023.
Selanjutnya Anas Rodin mahasiswa Prodi PAI, Juara 3 Lomba Dai Nasional di UIN Walisongo 2023, Juara 2 Lomba Pidato UIN Salatiga 2023, Juara 3 Lomba Seni Islami Stand Up Comedy oleh Pesantren Universal Al-Islami Bandung 2023, Penulis Terpilih pada Event Puisi oleh Awanarasi 2023. Mar’atussolichah, mahasiswa PGMI yang menulis artikel “Benkangen game: Digital media in elementary school Indonesian language” yang dimuat di Journal of Education and Learning (EduLearn) Volume 18 No. 2 2024, jurnal internasional terindeks Scopus.
Selain itu juga mahasiswa Prodi PGMI yaitu Mar’atussolichah Mar’atussolichah, Trifka Dila Fadhilah, Nurma Febri Rakhmawati berhasil menerbitkan artikel di International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE) Volume 14 No. 3 2024 dengan judul “Simaksaja: visual novel game with TyranoBuilder software for Islamic moderation in elementary schools” yang terindeks Scopus Q3.
Kemudian juga mahasiswa Prodi PGMI yaitu Muhammad Naufal Hilmi, Sufi Saniatul Mabruroh, Arjaul Anzakhi, Trifka Dila Fadhilah berhasil menerbitkan artikel bersama dosen berjudul “Inclusive Education Based on Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) in Elementary School” pada Pegem Journal of Education and Instruction, 14 (3) 2024 terindeks Scopus Q4.
Program pembinaan, peningkatan keterlibatan mahasiswa, program kewirausahaan, dan bentuk lain juga telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa.
Pada capaian Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Publikasi, INISNU mendorong dosen melakukan kompetisi riset dan PkM eksternal. Pada tahun 2023 telah lolos 10 dosen di hibah riset dan PkM Kemenag RI, dan 1 dosen lolos hibah riset BRIN, dan total riset internal dan eksternal sejumlah 22 penelitian. “BPP INISNU juga telah menyalurkan Rp. 100.000.000 untuk alokasi dana hibah riset dan puluhan juta insentif publikasi ilmiah,” kata Rektor.
Selain itu, INISNU memperkuat kemitraan riset. “Kita telah memperluas kemitraan dengan institusi lain dan industri untuk meningkatkan kolaborasi penelitian, dan tahun ini sudah mulai dengan PRAK BRIN, UNY, Polres Temanggung, dan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia,” kata dia.
Untuk capaian publikasi, tercatat kurun 2023-sekarang ada 14 artikel tembus Scopus, dan publikasi nasional dan internasional oleh dosen dan mahasiswa sebanyak 114 artikel juga ada prosiding konferensi internasional.
Untuk PkM sendiri, tercatat ada 43 PkM. Selain itu, banyak dosen aktif menjadi Fasilitator Sekolah Penggerak, Fasilitator Madrasah Reform Program Kemenag-World Bank, Fasilitasi Sertifikasi Produk Halal, Reviewer di Jurnal Nasional dan Internasional, serta kerjasama dengan pemerintah daerah.
Sedangkan capaian pada Bidang Aswaja Annahdliyah, INISNU telah melakukan integrasi Manhaj Aswaja Annahdliyah ke dalam kurikulum. “Aswaja Annahdliyah menjadi nilai-nilai dan manhajul fikr yang diintegrasikan di dalam pendidikan-pembelajaran, menjadi mata kuliah, penugasan, dan juga internalisasi nilai melalui beragam kegiatan,” kata dia.
Telah dilakukan pula pembiasaan dan pembudayaan, dan penguatan kelembagaan PKAN dan laboratorium. “Tahun 2023-sekarang, merupakan tahun yang penuh tantangan dan prestasi bagi INISNU dalam menerapkan prinsip Catur Dharma Perguruan Tinggi. Melalui upaya bersama seluruh elemen kampus, kami berhasil mencapai berbagai pencapaian signifikan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan dampak positif kami dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan jangka panjang yaitu menjadi Universitas. Terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan kerjasamanya,” katanya.
Rangkaian acara dies natalis INISNU Temanggung, sudah dimulai sejak tanggal 31 Januari 2024 dimulai dengan kick of Dies Natalis INISNU Temanggung dengan dibersamai silaturahmi kebangsaan. kemudian hari berikutnya pada tanggal 9 maret 2024 dilaksanakanya ziarah muasis. Dilanjut Ngabuburit Happy dan Buka Puasa Bersama bekerjasama dengan Djarum 76 dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2024. Pada hari berikutnya tanggal 20 Maret 2024 diadakanya acara studium generale, dan hari Sabtu 20 April 2024 ini digelar Sidang Senat Terbuka sebagai puncak perayaan Dies Natalis.
Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis INISNU Temanggung yang ke-54 ini, mengangkat tema “Berkolaborasi Membangun Sinergi Dan Kualitas” yang dilaksanakan di Hall Babussalam NU komplek INISNU Temanggung yang dihadiri ratusan peserta. Dalam kegiatan itu, digelar pula kuliah pakar yang disampaikan Katib ‘Aam PBNU KH. Sa’id Asrori, dan sekaligus halalbihalal keluarga besar INISNU Temanggung, AKPER Al-Kautsar, dan PCNU Temanggung.
Dalam kesempatan itu, melalui Surat Keputusan Rektor Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung Nomor: Ins.21/R/Km.06/005/Iv/2024 tentang Pemberian Penghargaan Mahasiswa Berprestasi dalam Rangka Dies Natalis Ke-54 Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung Tahun 2024, dosen dan tenaga kependidikan berprestasi yang dibacakan Wakil Rektor I INISNU Temanggung Dr. Hamidulloh Ibda, sejumlah dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa mendapatkan penghargaan.
Penghargaan dosen of the year kategori dosen bidang pendidikan dan pengajaran dianugerahkan kepada Ibu Sholeh Kurniandini, S.P,. M.M. Penghargaan dosen of the year kategori dosen bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dianugerahkan kepada Asih Puji Astuti, S.Sos.I., M.A. Penghargaan dosen of the year kategori bidang publikasi ilmiah terbanyak dianugerahkan kepada Bapak Dr. Hamidulloh Ibda, M.Pd.
Selanjutnya, penghargaan kategori tenaga kependidikan dianugerahkan kepada Bapak Rizal Setiawan S.S. Penghargaan kategori mahasiswa berprestasi akademik dan non akademik dianugerahkan kepada Masykur Azka Farkhan dengan NIM 1221019 Program studi Ekonomi Syariah. Selanjutnya penghargaan kategori artikel ilmiah populer dianugerahkan kepada Muhammad Hakim Nazib dengan NIM 1121020 Program Studi Hukum Keluarga Islam. Penghargaan yang selanjutnya adalah pemenang lomba desain logo Dies Natalis INISNU Temanggung ke-54 dianugerahkan kepada Muhammad Luthfi dengan NIM 1220010 Program Studi Ekonomi Syariah.
Selain itu, INISNU Temanggung memberikan penghargaan kepada para doktor baru. Pertama, Dr. Muhammad Syakur, M. H. sebagai wisudawan doktor terbaik tercepat dari Program Doktor Ilmu Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedua, penghargaan dianugerahkan kepada Dr. Hamidulloh Ibda, M.Pd., yang merupakan wisudawan doktor, dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) melalui keberhasilannya menulis dua artikel terindeks Scopus Q3, berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 21 Tahun 2020 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sehingga ditetapkan bebas Ujian Terbuka. Ketiga, penghargaan dianugerahkan kepada Dr. Rhindra Puspitasari, M.Pd., sebagai dosen inspiratif peraih beasiswa S3 LPDP dalam negeri. (*)