Iklan
Berita

NU Pati Tawarkan Lumbung Nahdliyin, Ini Konsepnya

Kantor PCNU Pati, organisasi sosial keagamaan terbesar yang saat ini menawarkab konsep lumbung nahdliyin untuk kemaslahatan ummat

PATI-Dalam masa pandemi seperti ini, gotong-royong dan saling membantu menjadi keharusan. Berangkat dari alasan ini, Nahdlatul Ulama Kabupaten Pati berencana akan membuat lumbung nahdliyin.
Ketua PCNU Pati, K. Yusuf Hasyim mengatakan, lumbung nahdliyin ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya, kondisinya saat ini memang belum difungsikan lagi. 
Dia menuturkan bahwa konsep lumbung nahdliyin ialah gotong royong untuk membantu sesama. Sistemnya mirip dengan koperasi pangan. 
“Ini sebenarnya konsep sederhana dari orang Jawa. Gotong royong itu kan konsep orang Jawa. Nah, kami mengaplikasikan hal itu dalam lumbung nahdliyin. Nanti padi dikumpulkan untuk dikelola bersama untuk kemaslahatan bersama,” katanya.
Selain itu nilai sosial, lumbung nahdliyin ini juga memiliki nilai material. Diharapkan nantinya program ini mampu melancarkan roda ekonomi warga NU.
“Maslahatnya berlimpah,” lanjut K. Yusuf.
Dia menilai, banyak warga nahdliyin yang berprofesi sebagai petani. Sehingga adanya lumbung nahdliyin ini nanti akan sangat membantu.
“Tidak hanya ditingkat kabupaten saja, tapi kalau bisa program ini nanti juga dijalankan di setiap ranting,” imbuhnya.
K. Yusuf berharap, dengan adanya lumbung nahdliyin tersebut dapat meningkatkan perekonomian anggota. Bahkan konsep ini bisa diaplikasikan untuk menjaga ketahanan pangan nasional.
“Ini tawaran konsep. Untuk detil-detilnya perlu didiskusikan dengan lembaga terkait, seperti Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) NU, Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) NU dan lembaga-lembaga lainnya,” pungkas K. Yusuf.(niam/ltn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Back to top button