Iklan
Berita

Mahasiswa IAIN Kudus PPL Plus ‘Mondok’ di PPSA

Para santri PPSA antusias menyimak pemaparan materi dari mahasiswa PPL IAIN Kudus 

GEMBONG-Ada yang berbeda dengan Praktik Pengalaman Laangan (PPL) IAIN Kudus di MTs. Al Ma’arif Gembong. Pasalnya, mahasiswa yang menjalani PPL di madrasah ini sekaligus ‘mondok’ di Pones Shofa Az Zahro’ Gembong. 

Sebanyak 12 mahasiswi dan mahasiswa IAIN Kudus menjadikan Ponpes Asuhan KH. Imam Shofwan ini sebagai tempat tinggal selama menjalani PPL. Bukan hanya bermuqim, mereka juga melaksanakan tugas lain, seperti membantu pengajaran dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ala mahasiswa lainnya. 

Minggu (8/8) malam tadi, mereka menyelenggarakan mini seminar bertajuk ubudiyah. Pesertanya tentu santri-santri muqim Ponpes Shofa Az Zahro’ (PPSA). 

Iklan

Ahmad Ghufron dan Siti Maghfiroh, pemateri dalam agenda tersebut cukup lega dengan hasil mini seminar ini. Pasalnya, menurut mereka, para santri cukup antusias. 

“Santri cukup antusias, buktinya pada sesi tanya jawab, mereka juga banyak mengajukan pertanyaan. Intinya ada feedback lah,” ungkap Ghufron.

Bukan hanya seminar, rencananya anak-anak muda dari IAIN Kudus ini juga akan menyelenggarakan lomba khusus santri Shofa Az Zahro’. Rencananya kompetisi ini akan akan dilangsungkan dalam waktu dekat ini. 

“Insya allah kami akan menyelenggarakan lomba untuk memeringati tahun baru hijriyah dan hari kemerdekaan,” lanjut Ghufron. 

Pada kesempatan lain, Gus Faiz Aminuddin, putra pengasuh pondok mengapresiasi penuh langkah ini. Ia menyebut, dengan bermukim di pondok, para mahasiswa PPL memilikineran ganda. 

“Tugas kuliahnya dapat, PPL di MTs, plus dapat tambahan barokah dengan mengabdi di pondok,” terangnya. 

Namun sayangnya, kegiatan ini tidak berlangsung lama. Akhir Agustus nanti, ke dua belas mahasiswa tersebut akan pamit undur diri dari Ponpes Shofa Az Zahro sejurus berakhirnya tugas PPL dari kampus mereka. 

“Seru sih, tai sayangnya cuma sebentar saja. Banyak pengalaman kami daapt dari kakak-kakak PPL,” ungkap Farhan Mubarok, santri Pponpes Shofa Az Zahro’.(lut/ltn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Back to top button