Iklan
Berita

LPBI NU Jawa Tengah Siapkan Relawan Tanggap Bencana

img-20211129-wa0021-1123910
Upacara pembukaan Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Apel Kesiap Siagaan Relawan LPBI NU Jawa Tengah

PEKALONGAN – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Jawa Tengah menggelar pelatihan penanggulangan bencana. Kegiatan yang berlangsung Sabtu sampai Minggu (27-28/11) tersebut dilangsungkan di Wana Wisata Alam Kali Paingan, Kajen, Pekalongan. 

Iklan

Dengan tujuan menyiapkan relawan LPBI NU untuk lebih tanggap bencana, kegiatan outdoor ini diikuti oleh delegasi PC LPBI NU se-Jawa Tengah masing-masing empat orang. Perwakilan Kabupaten Pati sendiri dihadiri oleh Azis Muttaqin, Edi Fitrianto, Arif Ahmada dan Ahmad Ngari. 

Edi menuturkan bahwa selama mengikuti kegiatan bertajuk Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Apel Kesiap Siagaan Relawan tersebut, dirinya banyak mendapatkan pengalaman baru. Di antaranya, mempelajari dan memetakan titik rawan bencana disetiap kabupaten yang berpotensi terjadinya bencana.  Pelatihan mitigasi pencegahan dini bencana. Pelayanan dan evakusai pada rawan bencana.  Pelatihan tim rescue reaksi cepat. 

“Ini sangat bermanfaat dimana di Kabupaten Pati sendiri pada musim hujan sering terjadi bencana banjir,” tutur dia. 

img-20211129-wa0020-7012509
Delegasi LPBI NU Pati tampak semangat mengikuti pelatihan

Selain Edi, Azis Muttaqin, peserta lain dari Kabupaten Pati menambahkan bahwa pelatihan semacam ini memang layak diikuti oleh para pemuda NU. Menurut dia, NU sebagai ormas terbesar memiliki tanggungan kemanusiaan yang besar pula. 

“Kita ormas besar, jadi lucu saja kalau misalnya ada bencana tapi kita tidak berbuat apa-apa. Nah, untuk berbuat apa-apa, itu perlu ilmu dan pelatihan,” ungkapnya melanjutkan penuturan Edi Fitrianto. 

Diharapkan, dari kegiatan tersebut para relaean LPBI NU dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain untuk menanggulangu bencana. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing kabupaten. 

Kehadiran para tokoh NU dan pemprov juga turut menambah semangat peserta. Diantara yang hadir dalam upacara pembukaan pelatihan ini adalah KH. Ubaidillah Shodaqoh (Ro’is Syuriyah PWNU Jawa Tengah), Sudirman, (Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah), Yaya (LPBI NU Pusat) dan Kholiq (BPBD Jawa Tengah).(lut/ltn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Back to top button