Khutbah
Keutamaan Ilmu dan Ibadah
الحمد لله ثم الحمد لله الحمد حمداً يوافي نعمه ويكافئ مزيده، يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك ولعظيم سلطانك، سبحانك اللهم لا أحصي ثناءاً عليك أنت كما أثنيت على نفسك، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن سيدنا ونبينا محمداً عبده ورسوله وصفيه وخليله خير نبي أرسله، أرسله الله إلى العالم كله بشيراً ونذيراً. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد صلاةً وسلام اً دائمين متلازمين إلى يوم الدين، وأوصيكم أيها المسلمون ونفسي المذنبة بتقوى الله تعالى.
أما بعد…
Ma’asyiral Muslimin Jama’ah Jum’ah Rahimakumullah…
Hujjatul Islam, Imam alGhozali Rodliyallahu anhu berkata: “ketahuilah, sesungguhnya ilmu dan ibadah adalah dua mutiara. Karenanya, setiap yang engkau lihat, engkau dengar dari tulisan para pengarang, pelajaran dari pengajar, mauidloh dari penceramah, juga pandangan para pengamat, semua bermuara pada kedua hal tersebut. Bahkan karenanya diturunkan kitab-kitab, diutus para Rasul, dan diciptakanlah langit, bumi dan semua yang ada didalamnya“.
Mari bersama-sama kita renungkan dua ayat dalam kitabNya:
Pertama: “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kalian mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” QS. aT-Tholaq: 12. dari ayat tersebut cukup menjadi dalil atas mulianya sebuah ilmu.
Kedua: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” QS. aD-Dzariyat: 56. Ayat tersebut menjadi landasan atas agungnya ibadah.
Imam Ghozali berpesan kepada kita untuk berpegang teguh dalam dua perkara tersebut. Sebab keduanya adalah tujuan dari penciptaan manusia oleh Allah ta’ala. Dan sudah menjadi keniscayaan bagi seorang hamba untuk tidak menghabiskan waktunya kecuali dalam dua perkara tersebut. Sebab selain dua hal tersebut adalah perkara tidak penting dan tidak menghasilkan apa-apa kecuali hanyalah kesia-siaan.
Ibadallah…
Ketika kita semua telah mengetahui keutamaan tersebut, perlu diketahui bahwa diantara dua mutiara tersebut,ilmu lebih mulia. Namun hal tersebut tidak lantas mengesampingkan keistimewaan ibadah. Karena merupakan suatu keharusan sebuah ilmu harus diamalkannya, sebab tanpa amal ilmu bagaikan debu yang berhamburan. Keberadaan Ilmu bagaikan pohon dan ibadah adalah buahnya. Kemulian ada pada pohon karena dia adalah dasar pokok daripada buah. Namun kemanfa’atan dapat rasakan ketika dihasilkan buahnya. Untuk itu dua perkara tersebut harus saling melengkapi, bahkan seorang hamba harus memiliki empat pilar dalam hidup: Ilmu, Amal, Ikhlas dan Khouf (waspada).
Ibadallah…
Kanjeng Nabi shollallahu alaihi wasallam telah bersabda: “Barangsiapa yang menempuh jalan hidup dengan ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan baginya ke surga”
“Keutamaan seorang alim atas abid bagaikan keutamaan bulan dimalam purnama atas bintang”.
Syaikh Abdur Rohim arRukaini Rohimahullah Ta’ala telah dawuh: “Sebaik-baiknya amal adalah nasyrul ilmi (menebar ilmu), (Dan sesungguhnya mengingat Gusti Allah/berdzikir lebih besar -keutamaannya dari ibadah lain-), ya benar, namun berdzikir harus didasari dengan ilmu. Sebab orang yang beribadah kepada Gusti Allah Tanpa ilmu, tidaklah bertambah kecuali dirinya semakin jauh dari Gusti Allah, sekalipun tubuhnya sampai terpotong-potong. Daripada itu, nasyrul ilmi adalah kemuliaan yang tidak diberikan secara khusus oleh Gusti Allah kecuali orang-orang terpilih”.
Dalam kitab Nasyril A’lam karya Mufti Yaman Sayyid Muhammad bin Abdil Bari, disebutkan: Berkata para ulama’: “Tidak diperkenankan bagi seorang mempresentasikan perkara yang berkaitan dengan agama, sampai ia benar-benar mengetahui hukum Allah dalam persoalan tersebut”. Imam Syafi’i Rodliyallahu anhu berkata: “Semua sepakat atas sabda Rosulullah shollallahu alaihi wasallam: “Ilmu adalah pemimpin (sumbernya) amal”. Dalam arti amal mengikuti ilmu dan buahnya ilmu. Menyibukkan diri dengan ilmu syari’at serta ilmu alat (seperti nahwu dan shorof) adalah lebih utama daripada sholat sunnah rowatib dan perkara sunnah lainnya. Sebab ilmu adalah bagian dari amalan hati, berbeda dengan amalan lain yang merupakan amal jawarih (jasad).
Ibadallah…
Dengan ilmu, manusia dapat mengenal Tuhannya, mengetahui cara beribadah kepadaNya dengan benar, serta mengetahui perintah dan laranganNya. Tanpa ilmu, seseorang tidak dapat mengenal sifat-sifat AgungNya, tidak mengerti tujuan hidup. Sekalipun seseorang beribadah sampai terpotong-potong tubuhnya, tanpa di dasari dengan ilmu, maka tidaklah akan bertambah dekat dengan Tuhannya, bahkan semakin jauh.
Tidakkah kita telah mengetahui bersama kisah Syaikh Abdul Qodir alJailani Rodliyallahu anhu, pernah suatu hari beliau melihat cahaya yang menerangi ufuk langit dari cahaya tersebut beliau mendengar suara: “Wahai Abdul Qodir, aku adalah tuhanmu, telah aku halalkan bagimu semua perkara haram”. Mendengar suara tersebut, beliau berta’awudz sembari mengatakan: “Enyahlah engkau wahai terlaknat”. Kemudian cahaya tadi berubah menjadi asap yang gelap, dari asap tersebut terdengar dengan jelas suara: “Wahai Abdul Qodir, kamu telah selamat dariku lantaran ilmu fiqhmu, sehingga dengannya kamu mengetahui hukum Tuhanmu. Padahal, telah banyak aku sesatkan seorang ahli ibadah dengan kejadian seperti ini”. Kemudian Syaikh Abdul Qodir ditanya murid beliau; “bagaimana panjenengan bisa mengetahui bahwa ia adalah syaiton?”. “Dari ucapannya yang mengatakan; telah aku bolehkan bagimu semua keharaman, dan aku mengetahui bahwa Gusti Allah tidak akan memerintahkan kemungkaran” jawab beliau.
Ibadallah…
Dari kisah tersebut kita dapat ambil hikmahnya, bahwa seorang abid, apabila tidak memiliki ilmu akan dapat mudah disesatkan dan tergelincir dari jalan kebenaran. Daripada itu, Kanjeng Nabi shollallahu alaihi wasallam bersabda: “Tholabul ilmi wajib bagi setiap orang muslim” agar supaya orang muslim tidak mudah tersesatkan.
Waba’dhu, ilmu adalah cahaya, tanpa ilmu seorang akan buta. Namun ketika seseorang yang berilmu kemudian tidak mengamalkan ilmunya untuk menghamba kepada Gusti Allah Ta’ala, maka ia akan menuai hasilnya yaitu dihempaskan dineraka. Imam Ahmad bin Husain bin Roslan dawuh:
فـعــالــمٌ بـعـلـمِــهِ لــــــم يـعـمَــلَــنْ مُـعَــذَّبٌ مـــن قـبــلِ عُـبَّــادِ الــوَثَــنْ.
وكـــلُّ مــــن بـغـيــر عــلــم يـعـمــلُ أعــمــالُــه مَـــــــردودَةٌ لا تُــقْــبَـــلُ
Seorang alim yang tidak mengamalkan ilmunya, maka kelak ia akan disiksa sebelum orang yang menyembah berhala. Dan semua orang yang beramal tanpa ilmu, maka amalannya tidaklah diterima (tertolak).
Sehingga seorang muslim harus tetap waspada untuk senantiasa mengaji dan mengamalkan ilmunya, sebagai bentuk ubudiyyah kepada Gusti Allah Ta’ala. Karena kedua perkara tersebut tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya. Keduanya adalah jalan hamba untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat…
أقول قولي هذا وأستغفر الله العظيم لي ولكم…
Khutbah ke 2:
الحمد لله رب العالمين، على أنّا محمديون والشكر لله على أنّا أحمديون وأشهد أن لا إله إلا الله الذي لا يُسأل عن ما يفعل، ومن كرمه وحكمته أنه لا يُسأل عن ما يفعل جعل امثالنا من هذه الأمة العمر قصير والجسد ضعيف جعلنا من أمة أعظم نبي وأعظم رسول إمام وختام عليه الصلاة والسلام وأشهد أن سيدنا محمد رسول الله صلى الله عليه وسلم عبده ورسوله نبيه وحبيبه، واسطة الوجود وعين مرآءة الشهود وفلك الدائرة الجلالية إنسان عين الكمال وناموس الجمال والهادي إلى الرشاد صلّ اللهم وسلم عليه وآله وصحبه ومن سار بدَرَبِه بدُرْبه إذ من لا دُربة له فلا دَرب له إلى يوم لقاء ربه.
أما بعد: عِبادَ الله: فإني أوصيكم ونفسيَ بتقوى الله. فاتَّقُوا الله فيما تَسْمَعُوْنَ وما تُسْمِعُون، مما يَصْدُرُ منكم أو تحملونه عن غيركم بأيِّ وسيلةٍ من الوسائل، وكونوا مع الفضلِ وأرباب الفضائل، واحذروا مما ينشرُ الرذيلة، ويخرج بكم عن الطريقةِ الحميدةِ الجميلة، واسلُكُوا مع المصطفى صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم. وأكِثروا الصلاةَ والسلامَ على حبيب الله سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم، فهي من خيرِ ما سمعتُم ومن خير ما أسمعتُم، فإنه من صلى عليه مرةً واحدةً صلى الله عليه بها عشرا. وإنه القائل: إن أولى الناس بي يوم القيامة أكثرُهم عليَّ صلاة.
وإنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِه وثنَّى بملائكته المسَبِّحَة بِقُدْسِه، وأَيَّهَ بالمؤمنين من عباده تعميماً فقال مُخْبِرَاً وآمِراً لهم تَكريما :
}إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا{
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وبارِكْ وكَرِّم على عبدِك المصطفى سيدِنا محمد، نورِ الأنوار وسرِّ الأسرار، وعلى الخليفة مِنْ بعده المختار، وصاحبِهِ وأنيْسِه في الغار، أهلِ الخلافة ومستحقها بالتحقيق، إمام البركة خليفةِ رسولِ الله سيدنا أبي بكرٍ الصِّدِّيق؛ وعلى النَّاطقِ بالصَّواب، الشهيدِ حَلِيفِ المحراب، أميرِ المؤمنين سيِّدِنا عُمَرَ بن الخطاب؛ وعلى النَّاصحِ للهِ في السِّرِّ والإعلان، مَن استحيَتْ منهُ ملائكةُ الرحمن، أميرِ المؤمنين ذي النورين سيِّدِنا عثمانَ بن عفان؛ وعلى أخي النبيِّ المصطفى وابنِ عَمِّه، وَوَلِيِّه وبابِ مدينةِ علمه، إمامِ أهلِ المشارق والمغارب أمير المؤمنين سيدِنا عليِّ بن أبي طالب. وعلى الحسنِ والحسين سيِّدَيْ شبابِ أهلِ الجنة في الجنة، وريحانَتَيْ نبيِّك بِنَصِّ السُّنَّة، وعلى أمِّهِما الحوراء فاطمة البتول الزهراء، وعلى خديجة الكبرى وعائشةَ الرضى، وسائرِ أمهات المؤمنين، وأولادِ النبي الأمين وعلى آل بيته وعمه الحمزة والعباس وسائر أهلِ بيتِ نبيك الذين طهَّرْتَهُم من الدَّنَس والأرجاس، وعلى أهل بيعة العقبة وأهل بدرٍ وأهل أحد وأهل بيعة الرضوان وسائر الصحابة الأكرمين، ومن تبعَهُم بإحسانٍ إلى يوم الدين، وعلينا معهم وفيهم برحمتِك يا أرحمَ الراحمين.
اللهم أعِزَّ الإسلام وانصُرِ المسلمين. اللهم أذلَّ الشركَ والمشركين. اللَّهُمَّ أَعْلِ كلمةَ المؤمنين. اللَّهُمَّ دَمِّرْ أعداءَ الدين. اللَّهُمَّ اجْمَعْ شملَ المسلمين. اللَّهُمَّ ألّف ذاتَ بين المؤمنين. اللَّهُمَّ اصرِفْنَا من جُمعتنا وقلوبنا عليك مجموعة، ودعواتنا عندك مسموعة، وارزقنا الصدقَ في تقواك في الغيب والشهادة. ارزقنا حِفظ الأسماع والأبصار، والأفئدة عما لا يرضيك في السر والإجهار، آناء الليل وأطراف النهار، حتى تنقضي على التقوى والاستقامة منا الأعمار، وتُختَم لنا بأكمل حسن الخاتمة يا كريم يا غفار.
اللهم عزنا بالإسلام وعزّ بنا الإسلام اللهم عزنا بالإسلام اللهم عزنا برسول الله صلى الله عليه وسلم وبارك وعظم ومجد واكرم. اللهم على هذا الحال فلا يُقادرنا سر الحال ولا نور الحال ولا جوهر الحال ولا كشف الحال ولا ذوق الحال حتى نلقاك يا منزهاً عن الحال وصلي اللهم على سيدنا محمدٍ وعلى آله وصحبه وسلم. وإستغفر الله لي ولكم.
عِبادَ الله. إنَّ اللهَ أَمَرَ بِثَلاثٍ وَنَهَى عن ثلاث : {إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ{
فاذكروا اللهَ العظيم يذكركم، اُشْكُرُوْهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. ولَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر. قوموا الى صلاتكم يرحمكم الله